Saturday, December 26, 2009

Alm.Pak Tuo in Memoriam (Part II)

Sabtu
Ba’da magrib, pakwo sempet gak sadar, nafasnya hilang, badannya dingin, dipanggil udah gak nyahut, disuruh joget udah gak mau (ya iyalah, odong !!), kita semua panik banget, semua orang mulai heboh. Hari ini air mata mengalir lebih banyak lagi, karena perkembangan kondisi pakwo gak nunjukin kemajuan yang berarti. Gue cuma bisa megang dan mengusap-usap jemari tangan kanannya, sambil terus berdoa dan menghapus air mata yang gak pernah mau berhenti ini. Orang-orang sekitar rumah pakwo udah mulai banyak berdatangan buat ikut mendoakan yang terbaik buat pakwo, ini yang sangat gue salutin dari orang-orang yang tinggal di desa, mereka tuh care satu sama lain, rasa kekeluargaan mereka masih tinggi, hal kayak gini gak gue jumpain di Jakarta, Bekasi, ataupun Jogja.






Minggu
Hari ini ada tugas yang harus dikerjain dan dikumpulin lewat email dosen gue, mau gak mau gue harus capcus ke Jogja lagi, secara bahan tugas ketinggalan di kamar kos saking buru-burunya dan lahian besok udah hari senin, UAS harus kembali dilanjutkan. Kiting pun memutuskan untuk pulang ke rumah dan balik ke Karawang. Jam 6 pagi, kiting pergi ke barat menuju Bekasi dan gue pergi ke timur menuju Jogja, dengan kereta api tut tut gujes-gujes kuong kuong kami berpisah. Sampe Jogja, kos sepi banget, cuma ada Alm.Mb.Ari. Karena gue laper, gue milih untuk membuat sesuatu dulu di dapur dan baru mengerjakan tugas rese itu. Waktu lagi motongin bumbu-bumbu dan sayuran, hp bunyi, ada panggilan dari kiting, perasaan gue mulai gak enak, denger apa yang dikabarkan kiting, perasaan gue makin gak enak, sangat tidak enak, menyakitkan dan menyedihkan. Pakwo udah gak ada, beliau pergi di saat gue baru aja sampe Jogja dan kiting baru aja sampe di Cirebon, so far so good, whoaaaaaaaaaaa. Gue nangis, tanpa suara, bukan, bukan gara-gara gue abis ngiris bawang merah, ini karena luapan perasaan kehilangan yang gue rasain saat itu (beh..). Setengah jam kemudian, gue udah ada di mobil bersama sepupu-sepupu gue yang tinggal di Jogja, di jalan raya Jogja-Purworejo. Di sepanjang jalan, air mata gak berhenti netes, gue gak percaya aja gitu, kenapa juga mesti nungguin gue sama kiting pergi dulu, baru pakwo mau pergi, pakwo tega banget ih.

Sesampainya di sana, terasa banget atmosfer “before and after” kepergian pakwo. Depan rumah udah dipasang tenda gede, banyak bangku-bangku, banyak orang-orang, banyak air mata, dan yang gue benci tatapan kasihan dari orang-orang di sana waktu ngeliat gue, secara gue baru aja pamitan sama mereka buat ujian, taunya dalam hitungan beberapa jam doang, gue udah balik lagi aja ke sana, nasib-nasib.

Gue : pakwo mana ? (celingak-celinguk..)
Orang-orang : itu di masjid (seberang depan rumah pakwo ada masjid)
Gue : aku mau liat pakwo..
Orang-orang : udah dipocong, gak bisa dibuka lagi mbak
Gue : pakde slamet mana ? (fyi, dia ustadz di desa itu)
Pakde : eh cah ayu, yang sabar ya.. (ngelus kepala gue)
Gue : pakde, endah mau liat pakwo..
Pakde : emang berani ?
Gue : (manggut-manggut) iya...(insya alloh, he..)
Pakde : beneran ?
Gue : iya beneran, endah cuma mau mastiin aja klo pakwo udah bener-bener gak ngerasain sakit kayak kemaren..
Pakde : oke, sebentar pakde wudhu dulu ya..(pergi wudhu)

Dan akhirnya dengan perasaan dag dig dug der daia, gue ngeliat jasad pakwo yang udah terbungkus rapi dengan kain kafan dan wajahnya yang udah tenang dan damai. Abis itu gue ikutan nyolatin pakwo dan ikut menyambut orang-orang yang hadir untuk menyampaikan bela sungkawa.

Senin
Semaleman jasad pakwo diletakkan di kamar depan, gue sama para sepupu nemenin pakwo di sana sambil bacain yasin. Gue pengen banget bisa ada di sana sampe pakwo selesai dikubur, tapi apa boleh buat hari ini gue ada ujian jam 9. Gue harus bergegas mengejar kereta prameks pertama menuju Jogja, klo enggak berarti gue harus ikut ujian susulan tanpa temen-temen sekelas gue dan kerja sama tim kami yang solid di saat ujian, haiaahhhh. Padahal ya, bokap, nyokap sama adek-adek baru aja sampe, dan gue langsung pergi ujian tanpa bisa bertemu dulu dengan mereka, hiks. Ngenesnya nasib mahasiswa rantau.

Sejak itu sampe beberapa hari ke depan, gue lebih sering terlihat bengong, ngelamun, dan mewek tiba-tiba serta ketawa sendiri (klo ini mah udah gak aneh, ahahahahaha..). Dan selalu saja pertanyaan bodoh itu yang muncul ”Tet, pakwo udah gak ada ya ?”, berkali-kali sampe Sang Butet pun bosan untuk menjawabnya.

Conclusion :

Yang gue tau, inilah yang terbaik buat pakwo, setidaknya sekarang pakwo udah gak ngerasain sakit lagi dan sedang tidur nyeyak di alam barzah, daripada tetep hidup tapi menderita menahan sakit.
Yang gak gue tau, tepat 100 hari kemudian, orang yang ada di samping gue waktu pertama kali gue denger kabar pakwo meninggal, orang yang mencoba nenangin gue dan coba menghibur gue dengan senyumnya, orang yang bilang ”Jangan nangis Ndah, kasihan mbah kamu....” sambil ngusap-ngusap pundak gue, Mbak Ari Ully Amik, ikut meninggal dunia.






T_T
Selamat Jalan Pak Wo
Selamat Jalan Mbak Ari

No comments:

Post a Comment