Saturday, December 26, 2009

Alm.Pak Tuo in Memoriam (Part I)

Tanggal 18 Januari 2009 kemaren, bokapnya bokap gue, alias mbah kakung gue, atau yang panggilan bekennya “Pak Tuo”, meninggal dunia. Setelah sekitar 10 tahunan beliau mengidap penyakit stroke, akhirnya di hari minggu pagi yang cerah kemarin itu, beliau menghembuskan nafasnya yang terakhir. Mungkin klo gue nyeritainnya segini formalnya, gak bakal ada yang tau klo pra dan pasca meninggalnya Pak Wo, (iya, gue lebih nyaman manggil begini, soalnya lebih catchy dan trendy,hoho) begitu mengena di hati, setidaknya buat gue pribadi. Jadi gini loh, ceritanya..

Malam Minggu

Waktu itu, gue lagi ribet buat umbul-umbul dan cemilan,cepuluh, sama cebelas buat tim futsal favorit gue di AW, sebut saja mereka Tim Hijau Daun mengingat rekan-rekan supporter lainnya sedang tidak ada di tempat, mau gak mau untuk sementara gue harus nyiapin semuanya sendirian, iya betul, SENDIRIAN. Tapi thanks banget buat Mbah Indah yang pada detik-detik terakhir bertransformasi menjadi malaikat penolong, yang mau gue bantuin buat finishing nyiapin snack buat anak-anak futsal,huft*.
Tapi, pas lagi mau motong-motong karton dan kertas asturo buat poster, tiba-tiba nyokap sms, katanya kondisi pakwo memburuk, dan nyokap minta supaya gue bisa ada disana, di samping Pak Wo di saat-saat terakhirnya.

Minggu

Karena ini amanat dari nyokap semata wayang tersayang gue itu, jadilah gue, hari minggu pagi, berangkat bareng om gue yang di Kotagede ke Kutoarjo, Purworejo. Gue terpaksa ninggalin pertandingan futsal jam 2 siang nanti dan melewatkan kesempatan untuk melihat tim hijau daun beraksi di atas lapangan futsal, ya iyalah, masa iya di lapangan golf, bu’et dah. Tapi gak apa-apa yang penting gue udah sempet ngejampe-jampe alias ngedoain supaya tim hijau daun bisa tetap semangat tanpa formasi suporter yang utuh, qaqaqa. Tapi bt-nya gue gak bisa lihat uknowwho beraksi, tjiahhhh !!

Setelah menyantap bebek goreng Pak siapa tau, gue lupa pokoknya ada di Jl.Affandi-Gejayan, akhirnya perjalanan menuju kediaman Pak Wo pun dimulai. Kira-kira kronologisnya begini :
1 Jam pertama : Semua penumpang dalam Xenia merah itu, masih tampak bersemangat karena kekenyangan sambil nyanyi-nyanyi ngikutin radio.
1 Jam terakhir : Satu persatu penumpang mulai tumbang karena kantuk yang berlebihan. Hal ini ditandai oleh Gita yang dengan sukses tertidur pulas di samping bokapnya yang lagi nyetir. Dan 3 penumpang lain di belakang pun (gue, lia, afni) mulai terdiam dua ribu bahasa sambil grasak-grusuk kanan kiri, depan belakang buat nyari posisi yang wuenak tenan buat tidur.
Conclusion : Jangan makan daging bebek sebelum bepergian, itu berbahaya !! bikin mabok soalnya buu..
Dalam hati gue setan pun berbicara, ”kenapa gue harus ada di sini bersama mereka di mobil ini, di jalan menuju rumah pakwo, dan bukannya nonton futsal dan melihat uknowwho beraksi, nyesel deh lo, kebagian foto sama ceritanya doang..”. Untungnya malaikat dalam hati gue ikutan nimbrung, ”gue cuma sak dermo tho’at sama amanat ibu, gak ada salahnya kan? Mengawalkan kunjungan ke rumah pakwo, yang tadinya mau setelah UAS (sekalian liburan gitu), jadi sebelum UAS kayak sekarang..”
Setelah perjalanan yang berliku-liku dihiasi pemandangan super indah, akhirnya sampe juga dah, ternyata pakwo emang udah nge-drop banget, untungnya dia masih bisa ngenalin siapa gue, walopun klo ditanyain sekitar 10 menit kemudian, udah langsung lupa lagi, dan gue sebagai sesama makhluk pikun, gue sangat-sangat memaklumi hal ini, tentu saja, itu sangat manusiawi bukan ? Tapi beneran deh, gue sedih banget ngeliatnya, kasian banget, gue aja gak berhenti nangis mulu di sampingnya, bener-bener cucu yang termehek-mehek dah gue.

Malemnya, gue udah balik lagi ke Jogja, secara besoknya hari senin, dan gue udah mulai ujian akhir semester. Dudulnya, gue gak inget klo mata kuliah yang diujikan hari senin itu, udah dimajuin seminggu sebelumnya, yaitu saat minggu tenang kemaren, dasar pikunn ! Tau gitu, mending gue nginep aja di tempat pakwo kan ? Daripada bolak-balik gak jelas kayak gitu, dan pastinya gue bisa lebih lama nemenin pakwo disana.

Senin

Belajar-belajar !!

Selasa

Ujian-ujian !! Thanks God, open book cui !! Secara gue bener-bener gak “dong” waktu belajar kemaren dan semalem, soalnya gue kepikiran pawo mulu, lagian akuntansi biaya gitu, klo cuma dibaca doang mah, gak bakalan nempel, klopun cepet nempelnya, pasti cepet juga ilangnya, gue gitu. Eh bener aja, malemnya, waktu lagi ngaji gue dapet sms dari Gita, sepupu gue, klo pakwo kritis, gue langsung nangis bombay deh, sambil sibuk sms dan telfon sana sini, ngasih tau semua sodara-sodara sebangsa dan setanah air, hikshiks. Gue, yang tau klo bulek gue yang di kotagede ntar subuh mau berangkat ke tempat pakwo, nekat pengen ikutan tanpa sadar dan inget klo besok pagi gue ada ujian, jelas aja bulek gue ngelarang, dasar bahlul !!

Rabu

Setelah gue tau klo kondisi pakwo kayak gitu, gue otomatis njeglek dewe, langsung gak bisa konsen buat belajar, jadi gue mutusin untuk berdoa buat pakwo dan nasib ujian gue besok, semoga diberi keberuntungan oleh Alloh dan akhirnya tertidur sampe besoknya tanpa belajar terlebih dahulu. Dasar dudul !! Sudahlah, serahkan semuanya sama yang di atas, bukan, bukan cicak-cicak di dinding yang menyebalkan itu, tapi sama Alloh yang selalu dan akan selalu ada buat gue.

Kamis

Hari ini hari terakhir UAS di minggu ini, jadi setelah hari ini gue bisa berhenti berkutat dengan handout-handout, catatan-catatan dan buku-buku bahan UAS yang sangat menjemukan dan dapat menghilangkan nafsu makan itu. Setelah jam 12 siang nanti ujian akan berakhir, beban di kepala akan sedikit terasa terkurangi dan terlupakan, karena ini saatnya untuk memikirkan pakwo yang terkapar di ranjang di kamarnya. Berhubung keluarga gue yang di Jakarta dan Semarang udah pada ngumpul di rumah pakwo untuk nengokin beliau, jadi gue gak mau kalah, secara ada Kiting sama Bokap di dalam rombongan itu, dua dari lima orang yang sangat berarti dalam hidup gue. Abis ujian, gue langsung capcus ke rumah pakwo.

Jum’at

Always stay besides him, membimbingnya mengucapkan tahlil dan istighfar, lagi, dan lagi, tanpa henti, tanpa kenal lelah. Kerjaan gue sama kiting di sana adalah bergantian menyuapi, membimbing pakwo menyebut nama Alloh, mbacain surat Yasin di telinga pakwo, mijitin sebisanya (soalnya gak ahli banget gue soal mijit memijit, kecuali mijit keypad hp, he), berharap itu bisa mengurangi rasa sakit yang dirasain pakwo. Sms orang-orang yang doanya pasti didengar dan dikabulkan oleh Alloh, dari para MT, orang-orang yang udah haji, orang-orang terdekat yang berada jauh dari gue, minta supaya pakwo diberikan yang terbaik dan barokah untuk kesehatannya, hasilnya nihil, gak ada yang bales sms gue, padahal untuk bisa ngirim sms saat itu gue jarus manjat pohon kelapa dulu (alah, lebai lo !!). Gue huznudhon aja, mereka udah ngebaca doa titipan gue, dan mengamininya, dan atau mungkin signal yang susah inilah yang mengahalangi datangnya sms balasan dari mereka. Hikshikshiks..

No comments:

Post a Comment