Monday, May 9, 2011

down >> liat sekeliling >> bersyukur >> move on


Barusan gw abis ketemu temen, sesama mahasiswa rantau, asal Jakarta juga, temen mudik bareng gw. Kita berdua jarang ketemunya, padahal kita ngekos di satu komplek yang sama. Gw lebih sering ketemu dia cuma saat mau mudik ke Jakarta atau pas mau balik ke Jogja aja. Sore ini gw dipertemukan oleh Alloh sama dia (blaaaah bahasane ra nguati..). Karena lagi down pasca bimbingan sama dosen gw hari ini, gw seperti biasanya tanpa ba bi bu langsung curhat (atau ngeluh ??) tentang nasib skripsi gw yang jalannya lelet banget kayak siput lagi bunting bawa karung beras 5 kg.
Jadi dosen gw tuh bilang, klo bimbingan skripsi sama dia cukup seminggu sekali, hari senin aja. Gimana gw ga semakin benci sama yang namanya hari Senin klo kayak gini ceritanya. Kuliah semester ini gw cuma ngulang 1 mata kuliah aja, dan itu jadwalnya hari Senin. Jadi praktisnya, hari Senin otak gw harus disetting buat mikirin 2 cabang, antara skripsi dan kuliah, what a perfect day !!
Dan hari ini, gara-gara omongan dosen gw pas bimbingan tadi siang, gw jadi semakin galau tingkat dewa.
Gw      : Pak, mbok bimbingannya diperbanyak, jangan cuma hari Senin aja. (pasang muka melas)
Dosen  : Udah, satu kali seminggu cukup kok.
Gw      : Klo gitu kapan saya lulusnya Pak ? (pasang tampang lebih melas lagi)
Dosen  : Ya kapan-kapan.
Gw      : Yah Bapak mah gitu.. (langsung manyun)
Abis cerita sama temen gw tadi, panjang lebar, ngalor ngidul. Temen gw berbesar hati nasehatin gw, nyemangatin gw, memotivasi gw biar tetap semangat dan biar gw ga gampang nyerah gitu aja. Abis itu dia megang tangan gw kenceng banget..
Temen : Mbak, gw besok sidang pendadaran, jam 8, pengujinya killer, nguji anak D3 udah kayak nguji orang S2. (semakin kenceng megang tangan gw)
Gw      : Ya Alloh, kenapa lo ga bilang dari tadi ? Semangat ya ! Banyak doa, sholat hajat, minta kekuatan sama Alloh.
Temen : Iya Mbak. Doain gw yaa..
Gw      : Iya, semoga Alloh member kelancaran, kemudahan, keberuntungan dan kebarokahan buat pendadaran lo besok. Amiin.
Temen : Amiin..
Gw      : Gila ya, padahal lo punya masalah yang lebih berat dari gw, tapi gw malah ngeluh ini itu sama lo kayak tadi. Aduh, malu gw sama lo. Lo yang kuat ya, minta doa dari bonyok lo jangan lupa. Ayo semangat ! Lo punya Alloh ! Lo pasti bisa ! :D
Setelah ketemu temen gw itu, gw jadi mikir. Bener banget apa yang dibilang nyokap gw. Klo kita lagi kesusahan, jangan terlalu sibuk mengasihani diri sendiri, kita harus lihat sekeliling kita, pasti ada yang punya kesusahan yang lebih berat dari kita, dari situ kita bisa bersyukur dan tergugah untuk move on. Jadi ga berlama-lama terpuruk gitu aja.
Saat gw lagi down (baca : terguncang karena suatu musibah besar dalam hidup gw), nyokap pernah bilang gini :
“Klo semua yang kita inginkan harus kita miliki, dari mana kita belajar keikhlasan ? Klo semua yang kita mau harus terpenuhi, dari mana kita belajar kesabaran ? Klo setiap doa kita langsung dikabulkan oleh Alloh dari mana kita memaksimalkan kemampuan yang diberikan pada kita ? Klo kehidupan kita selalu bahagia, dari mana kita dapat mengenal Alloh lebih dekat ? Kita harus tetap yakin bahwa segala kententuanNya adalah yang terbaik untuk kita. Dia adalah dzat Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang pada makhlukNya. Inget itu ! :)

No comments:

Post a Comment