Saturday, December 26, 2009

Bolang Wanna Be

Finally, I’ve made a decision : udah fix, kali ini beneran lebaran di tempat mbah gue. Itu artinya, gue gak akan lebaran bareng ibu, bapak dan adik2 gue, kecuali kiting. Seneng sih, bisa ketemu seluruh keluarga, apalagi mbah gue yang di Rawamangun juga ikutan mudik ke Purworejo, tapi tetep aja klo gak ada keluarga inti kita, rasanya lebaran terasa kurang bermakna aja. Tapi mau gimana lagi, kerjaan bokap lagi banyak-banyaknya, libur cuma 4 hari, klo mau dipaksain mudik, takutnya kecapekan, ntar thypus-nya kambuh lagi, secara kelamaan di jalan, macet.

Dan gue pun berusaha mengambil sisi positif dari semua hal yang menyebalkan seputar lebaran yang akan datang itu. Dengan berlebaran di tempat mbah kakung, yang letaknya ndeso tenan, di atas gunung, di suatu desa yang bernama ”CLAPAR”, unik sekali bukan ? Setidaknya di sana gue bisa menjadi bolang dan berpetualang bak presenter acara favorit gue di TRANS7 yaitu ”JEJAK PETUALANG”.

Biasanya petualangan gue dimulai dengan ngerayu sepupu2 cowok gue yang emang lahir dan gede di sana, jadi dia udah sangat menguasai medan, dan tau banyak tentang spot-spot yang ajip buat dikunjungi. Ritual rutin gue adalah ke jurang di bawah rumah joglo mbah gue, tinggal turun ke bawah aja (ya iyalah, turun pasti ke bawah kali..) bisa langsung nemuin air terjun yang lumayan bagus lah, orang sana menyebutnya ”KRESEK”, bukan, bukan kantong kresek ya, walopun penyebutannya emang persis kayak klo kita nyebut kantong kresek, nama yang lebih unik lagi bukan ?

Ditambah lagi pemandangan menuju ke kresek sangatlah amboi, serba hijau, bagus buat kesehatan mata deh pokoknya, banyak bukit di kejauhan dan udaranya yang sejuk segar seketika, pokoknya mantap. Sesampainya di sana, biasanya gue sama sodara-sodara gue langsung maenan aer, siram-siraman, basah-basahan, seru deh pokoknya. Gak jauh dari kresek, ada pohon duren punya mbah putri gue, yang batangnya segede gaban, diameternya 2 meter kali, udah jadul banget deh pohonnya, tapi klo sekalinya berbuah, satu kampung bisa kebagian, dan rasanya manis, mantap, gede-gede, dan gratis pastinya, klo mau mabok duren tak berbayar, di sinilah tempatnya pemirsa.

Klo udah kenyang makan duren, balik lagi ke kresek, cuci tangan, bersih-bersih dan maen air lagi, puas-puasin deh pokoknya, karena setelah ini, kita harus mendaki, untuk bisa balik lagi ke rumah mbah. Di sinilah nggak enaknya, klo tadi turunnya gampang banget, tapi kali ini, sangat sulit permirsa, ditambah sendal yang basah sehabis bermain air, bikin kita berkali-kali terpeleset, terseok-seok, kehabisan napas dan tenaga (halah, lebai..). Tapi klo atap rumah mbah udah mulai keliatan di kejauhan, semangat itu datang lagi, biasanya kita balapan, siapa duluan yang sampe, dia yang boleh dapet kelapa muda duluan, yang paling belakang kebagian ngerayu pakde gue buat metikin kelapa muda buat kita semua, secara di antara kita gak ada yang bisa manjat pohon kelapa, haha.

Sambil nunggu kelapa muda dateng, biasanya gue duduk-duduk dulu, sambil jalan-jalan dikit lah, ngerasain jalan di tanah yang datar, gak mendaki kayak tadi, lihat kanan kiri, ada kolam ikan punya sepupu dan mbah gue, ada ikan lele, ikan mas, dan ikan apa lagi (gue gak tau namanya..), ada pohon manggis yang kebetulan juga lagi berbuah, karena pohonnya gak begitu tinggi, jadi bisa lah mengandalkan (baca : ngerayu) sepupu gue yang cowok buat metikin manggis buat kita semua, dan..tara..manggisnya manis-manis, seger pokoknya, ukurannya juga jumbo2, gak kaya yang di sepanjang jalan raya Puncak-Bogor, kecil-kecil banget, banyak busuknya lagi.

Wah, suara apa itu ? sepertinya pakde tuh, dan itu artinya kelapa mudanya udah siap santap pemirsa. Di sinilah gue bisa makan dan minum kelapa muda yang beneran muda, gak kaya yang kebanyakan dijual di pasaran, yang mereka sebut kelapa muda, tapi kerasnya minta ampun. ”glek..glek..glek..” teguk demi teguk akhirnya hilanglah rasa dahaga, hilang semua lelah pasca pendakian yang melelahkan tadi, hilang semuanya, kenyang lagi. Abis itu biasanya kita langsung ngantri kamar mandi, udah sore secara, badan keringetan, kaki tangan kena tanah-tanah dan getah-getah, it’s time to take a bath with water cold. Tapi biasanya mbah putri gak akan ngebiarin gue mandi pake air dingin kayak yang lain, biasanya beliau selalu setia masakin gue air panas tanpa gue minta dan tau kapan dia mulai melakukannya, tau-tau setiap gue mandi belia selalu siap sedia dengan air panas buat mandi cucunya ini, biar Endah gak kedinginan katanya, dan gue bilang ke mbah putri ”Ih, mbah so sweet banget sih, maturnuwun sanget nggih mbahku..” =)

Klo malam tiba, suasana jadi gelap banget, walaupun listrik udah lama masuk desa Clapar, tapi tetep aja buat gue masih terasa terlalu gelap banget, tapi cuma di sini, selain di planetarium gue bisa ngeliat langit yang bertaburan bintang, dan terangnya bulan yang sangat sangat indah, keren banget pokoknya. Biasanya, setelah makan malam dan sholat Isya, gue sama sodara-sodara gue naik ke atap, terus tiduran di atap sambil ngeliatin bintang, ngobrolin ini itu, sampai ngantuk dan kedinginan, barulah kita turun ke bawah dan tidur beneran di atas ranjang di bawah selimut yang hangat.

Besoknya, bisa dimulai dengan jalan-jalan ke kebun mbah, bantuin bude metikin sayuran, cabe, dan coklat, klo sayuran dan cabe emang buat di masak sama bude, tapi klo coklatnya buat kita-kita lah. Coklat, bukan dalam bentuk batangan macam silverqueen, toblerone, atau van houten kesukaan gue, tapi dalam bentuk awalnya, yaitu buah coklat, yang biasanya kita belah terus diemut-emut biji coklatnya, rasanya asem-asem seger gimana gitu, agak mirip kecapi, tapi bukan (ya iyalah..).

Trus agak siang dikit, biasanya kita ngintilin bude atau pakde pergi ke sawah. Jauh banget emang, tapi seru lah, apalagi pemandangannya yang beda banget dari yang kita liat klo kita ke kresek. Untuk sampe ke sawah, kita harus menyebrangi sungai berbatu yang sangat indah, keren banget deh pokoknya. Trus klo udah sampe ke sawah, kita bisa nyari keong atau ikan, atau entung (larva ulat pohon jati, red), iya klo udah di sini apa aja bisa dimakan deh, barokah, haha. Semua itu buat maen masak-masakan, enak loh, karena gak bisa masak, biasanya kita cuci trus kasih garem, terus digoreng deh, rasanya nikmat deh. =9

Gak ada kerjaan, bisa digunain dengan bantuin bude masak di dapur, masaknya masih pake kayu bakar, jadi klo lo udah mandi, dilarang keras masuk dapur, bisa-bisa langsung bau asap, bau sabun atau cologne atau bedak akan musnah seketika terkalahkan oleh bau asap dari pawon. Seru, bisa mainan api, karena di sana udaranya dingin, apalagi klo pagi-pagi, atau sore-sore, atau sehabis mandi (airnya kayak air es, duingin tenan cah..), api ini bisa kita pake sebagai api unggun, buat ngangetin badan, mantap lah pokoknya.
Klo gak ada kerjaan juga, gue :
• Bisa maen ke kandang kambing, ngasih makan kambing, sambil nutup idung, soalnya baunya minta ampun, kan kambingnya gak pernah mandi. Klo gue masih kecil kayak dulu, mungkin aktivitas ini bisa sangat menyenangkan, tapi karena gue udah gede (atau menua ??) gue akan dengan cepatnya merasa bosan melakukannya.
• Bisa maen ke kolam pelus (semacam sidat, panjangnya semeteran, meliuk-liuk kayak ular), ngasih makan pelus, pake keong yang dipotong-potong, seru lah pokoknya, ditambah pelus ini udah jinak, tapi jinaknya cuma sama sepupu gue, klo gue yang nyipratin tangan ke air buat manggil dia kayak yang dilakuin mas gue, yang ada tangan gue abis digigit sama pelus yang lebih asik diliat daripada dipegang, karena gue geli megangnya, dan lebih aman pastinya.
• Bisa duduk di ”hot spot”, kenapa gue sebut gitu ? karena cuma di sini signal hp bisa selalu ada dan gak timbul tenggelam kayak di tempat lain. Letaknya di belakang rumah tetangga mbah gue, duduk di sini view-nya lumayan oke, langsung jurang, harus hati-hati klo gak mau ngelundung ke jurang, haha. Di sini bisa curhat-curhatan sama temen-temen yang lagi lebaran juga di tempat berbeda, lumayan bisa sejenak melupakan nasib disini. Tapi sekarang udah gak butuh hotspot lagi, karena baru-baru ini dibangun tower sebuah provider selular gak jauh dari rumah mbah, jadi udah gak susah signal hp lagi deh.
• Bisa ngintilin mas sepupu gue berburu bajing, dengan ditembak pake senapan pastinya, tapi mbah suka sewot klo kita ikutan, karena agak bahaya, takut salah tembak katanya. Well, iya juga sih, gue juga paling males denger suara senapan, ”dar dor dar dor..”
• Bisa ngerayu kakak sepupu gue buat nemenin jalan ke SILAMBUR, puncak pegunungan tempat desa Clapar berada, bakalan ada di tempat tertinggi di sana, kanan kiri udah gak ada apa-apa lagi, bisa teriak-teriak dan mendengar suara teriakan kita bergaung dan menggema berkali-kali, keren deh pokoknya.
• Bisa ke hutan pakis yang super ok dan romantis, kayak di film Twilight tuh, seru kali ya nyobain pacaran di atas pohon pakis (atau cemara ?) kayak Edward sama Bella, he. Bukan seru kali, yang ada patah-patah nih tulang gara-gara jatoh dari pohon. Pokoknya Cuma di sini, selain di Puncak-Bogor atau Lembang-Bandung, gue bisa nyanyiin lagu naik-naik ke puncak gunung dengan bacground yang pas. ”Kiri, kanan, kulihat saja, banyak pohon cemara, a, a,,”

Aniway, klo dipikir-pikir, lebaran di Clapar gak seburuk yang gue bayangin juga ya ? okelah klo gitu, gue bakalan nyoba untuk lebih lapang dada dan narimo ing pandum buat berlebaran tanpa ibu, bapak, putri, adel sama qisha. Karena kalaupun gue bosan dan bt nanti, gue masih punya cukup waktu buat packing dan mengejar kereta menuju jakarta, dan akhirnya bisa berlebaran bareng mereka, karena toh liburan masih cukup panjang. Iya kan ?? =)

1 comment:

  1. Sipp..... Asik nich denger ceritanya,,,, [ş̲̅α̲̅y̅α̲̅ng̲̅
    Gw kagak diajak..... Apa lagi buru bjing gitu pasti asik tuch,,,,, coba share juga pics na pasti lebih seru tuch,,,,, by_ exsaputu.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete