Saturday, December 26, 2009

Maba Katro

Ngomongin OSPEK ahh. Anak-anak angkatan 2009 udah selesai OSPEK aja, gak terasa udah masuk semester 5 aja nih. Oia, gue jadi inget dulu, waktu pembukaan OSPEK universitas tahun 2007, di samping GOR kampus, sang rektor dengan ajaibnya selalu aja salah menyebut UNY menjadi Universitas Negeri Jakarta. Bu’et dah, jauh-jauh gue ke Jogja, yang disebut Jakarta-Jakarta juga, serasa gak beneran kuliah di Jogja kan jadinya. Bener-bener ngerusak suasana hati itu Pak Rektor.
Terus pada saat yang sama, sebuah pesawat terbang berlogo ”UDARA SINGA” lewat di atas lapangan, dan gue dengan noraknya bilang
”Gila ya, gede banget tuh pesawat !!”,
otomatis peserta OSPEK dan panitia yang ada di sekitar gue langsung noleh dan membatin dalam hati sanubarinya yang terdalam
”Ini orang ndeso banget sih, please deh ahh”
Buahahhahahahaha, hiks, ngik, ngik,, (beh, bengek kan gue jadinya). Gue langsung nutup mulut dan menundukkan kepala gue satu-satunya ini, maklumlah, selain karena gue belom pernah naik pesawat (dan gak akan pernah mau, karena gue takut ketinggian), gue juga belom pernah ngeliat pesawat lewat segede itu, sampe kita bisa mengidentifikasi, itu jenis pesawat apa, dari maskapai penerbangan mana, gak pernah sejelas ini sebelumnya pemirsa. Ya secara, Rawamangun agak jauh dari bandara, baik yang di cengkareng maupun yang di halim, abis itu gue pindah ke Bekasi, makin jauh aja dari bandara, jadi klo ada pesawat lewat jarang banget bisa keliatan, paling juga suaranya doang, klopun keliatan paling cuma setitik doang.

Terus sebulan terakhir semester pendek yang gue ikutin di kampus jurusan gue, mulai banyak spanduk-spanduk dari berbagai pihak yang mengucapkan
”SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU DI JOGJAKARTA”
Gue jadi terharu, disambut dengan segitu hebohnya, setidaknya, gue kan mahasiswa baru juga, tahun 2007 tapinya, hehehe, maksa dah ah.
Tapi ya, klo ngomongin tampilan waktu OSPEK, yang kata temen gue ”cupu banget nan katro” itu, buat gue pribadi ”biasa aja ah, standar..”. Soalnya MOS jaman SMA gue dulu, lebih parah lagi dari OSPEK, ditambah lagi gue keluar masuk di dua organisasi, Sanggar AKAR sama PASKIBRA, makin beragam dan ajaib aja tampilan gue waktu itu.

Waktu di Sanggar AKAR. Ada pelantikan anggota baru di Bumi Perkemahan Cibubur, dress code gue saat itu adalah :
• daster panjang dengan tambalan-tambalan kain perca,
• kaos kaki orange mentereng di kanan dan hijau ngejreng di kiri,
• topi hitam kerucut macam harry potter itu dengan semburat koran yang digunting-gunting pada ujungnya (ini mengingatkan gue sama topi peri-nya cinderela, tapi dalam bentuk paling buruk pastinya),
• ikat pinggang yang terbuat dari tali rafia berhiaskan dua kaleng susu kecil yang dilubangi dan dimasukkan 3 buah kelereng di dalamnya (kebayang gak sih, bunyi gue kayak apa setiap gue berjalan dan melangkahkan kaki, "krenceng, krenceng, krenceng, krenceng...", serasa robot gedek aja dah! ),
• kalung dari pete atau bawang putih atau apa ya ? pastinya gue udah lupa, tapi yang jelas klo lo gak terpaksa mendingan gak usah lo pake, walaupun itu cuma sekali seumur hidup lo, ingat itu !!
• muka dicoret-coret pake arang bak tentara yang akan pergi berjuang ke medan perang, yang ada kayak orang kelamaan masak di dapur atau pawon lebih tepatnya lagi, wajah penuh coreng moreng abu dan jelaga.

dan semua mata pun tertuju padanya, "jeng jeng jeng jeng.."

Bayangin aja, dengan tampilan kayak gitu, gue sama temen-temen setenda dilepas di bumi perkemahan yang luas itu untuk mengais rupiah dengan NGAMEN, bermodalkan suara cempreng bak tikus kejepit mesin cuci, gue sama temen-temen nyanyiin lagu yang lagi nge-trend saat itu, yaitu I Will Fly-nya Ten 2 Five. Hasilnya, dapet 16ribu, lumayan buat makan, haha serasa jadi pengamen beneran dah.

Dan waktu di Paskibra, dress code gw sangat biasa, mengingat bakalan penuh derita di setiap latihan-latihan yang ada.
• Kaos putih
• Rok PSAS (Pakaian Seragam Asal Sekolah, red)
• Sepatu hitam
• Teratai (di pinggang)
• Topi PSAS
• Handuk good morning
Semua orang yang ngeliat gue sama temen-temen gue di paskib pasti bakalan bilang gini :
”bego lo ! mau aja disuruh-suruh kayak gitu ! dibentak-bentak kayak gitu ! dijemur tengah hari bolong kayak gitu ! bodoh !!”
Saat itu gue mencoba tetap bertahan sama yang lain, temen-temen seangkatan berjuang sama-sama buat tetap bisa berdiri tegak, buat tetap bisa ngibarin bendera, walopun badan udah ditempa abis-abisan, kurus kering kerontang hitam belang karena keseringan dijemur dan dengan sengaja gak diangkat-angkat. Gue belom tau saat itu, klo perjuangan kami, tetes air mata kami, keletihan kami, bakalan bikin kita semua kompak satu sama lain, sampai sekarang, sampai detik ini kebersamaan itu masih terasa.

hiks hiks hiks ToT

No comments:

Post a Comment