Wednesday, November 3, 2010

Tepat Sebulan Sebelum Merapi Meletus

Masih inget sama kejadian angin puting beliung di Jogja, tanggal 25 September 2010 kemarin ? Pada hari itu kebetulan posisi gue lagi di luar Jogja untuk menghadiri pernikahan Mas Bambang, sepupu gue di Kebumen. Jadi cuma tau dari laporan terkininya anak-anak kos aja.
Besoknya, gue baru balik lagi ke Jogja. Gue naik KA Prameks jurusan St.Kutoarjo - ST.Tugu yang paling pagi di hari itu, berangkat jam 6, dan sekitar jam 7 gue udah sampe Jogja. Berhubung ga ada yang jemput, gue naik taksi tuh dari Tugu ke kos gue yang ada di daerah Sleman. Ngobrol dong gue sama driver-nya itu yang gue lupa siapa namanya.

Gue                       : Kemarin parah banget ya Pak, anginnya ??
Taxi Driver           : Oh iya Mbak, kenceng banget kemarin, banyak yang rusak.
Gue                       : Iya Pak, tadi saya liat di koran KR (Kedaulatan Rakyat, red),
ada banyak gambar-gambar kerusakan, banyak pohon-pohon
yang tumbang, sama ring di sekitar alun-alun Keraton juga.
Ngeri deh ngeliatnya.
Taxi Driver           :  Betul itu Mbak, di daerah Kusumanegara juga Mbak, parah itu.
Gue                       : Ya Alloh, Jogja kok jadi ga tenang lagi ya kayak dulu-dulu.
Taxi Driver           : Klo menurut kepercayaan orang sini sih Mbak,
klo ring di sekitar Keraton sampai roboh gitu, biasanya itu
pertanda kalau aka nada musibah besar di Jogja.
Gue                       : Hah ? Beneran Pak ?
Taxi Driver           : Bener Mbak, biasanya gitu, Dulu terakhir ada ring roboh ya itu,
Pak Sultan ke-XIII mangkat.
Gue                       : Kebetulan aja kali tuh Pak.
Taxi Driver           : Yah, namanya juga kepercayaan orang sini Mbak,
percaya ga percaya deh.
Gue                       : Iya sih. Lah itu abis ring-nya roboh, Pak Sultan langsung
mangkat aja gitu Pak ?
Taxi Driver           : Ya ndak langsung juga Mbak. Ada jeda waktu,
tapi biasanya waktunya ya berdekatan.
Gue                       : Oh, gitu ya Pak. (Manggut-manggut)

                Fyi, gue ngebahas hal ini sama Si Bapak Taxi Driver dimulai dari taksi itu ngelewatin SMA 3 Yogyakarta, lurus terus sampe di Bunderan UGM baru selesai deh itu obrolan. Dan yup, betul sekali, posisi taksi lurus-rus menghadap ke arah Gunung Merapi yang saat itu lagi jelas banget keliatan, ga ada awan yang nutupin, cerah banget pagi itu, cantik banget gila !

Saat itu gue cuma bisa berharap dan berdoa, semoga ke depannya Jogja akan aman, tenang dan damai, ga ada kejadian buruk yang akan menimpa kota pendidikan ini. Gue sama sekali ga kepikiran klo sebulan kemudian, tepatnya tanggal 26 Oktober 2010, Merapi yang cantik ini bakalan meletus sampai memakan korban jiwa dan bikin was-was kayak sekarang.
Subhanalloh.


2 comments:

  1. wah berarti ada bnernya jg yg dibilang si supir taxi.. hhihi..
    *walaupun cm mitos..

    mg negeri ini tdk ada lg musibah kdpnnya..
    aminnn..

    ReplyDelete
  2. wallohualam
    sebenernya mnurut gw itu cuma 'pola'
    bisa jd puting beliung itu pola pertanda yang mendahului pola gunung meletus, yg bs jd jg menandai pola bencana2 lainnya

    ReplyDelete